Pages

Selasa, 13 Desember 2016

Embedded system for IoT



Internet of Things atau dikenal juga dengan singkatan' IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif

Embedded system adalah sistem komputer yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu demi meningkatkan fungsi suatu mesin. Sesuai artinya, “embedded” yang berarti “mencocokkan”, maka bagian yag dicocokan meliputi peranti keras dan bagian mekanis lain.

Internet of things (IoT) dan embedded system tidak dapat dipisahkan. Keduanya bagaikan lebah dan bunga yang melakukan simbiosis mutualisme. Embedded system tidak akan berkembang jika tidak ditanamkan teknologi seperti internet of things, karena embedded system hanyalah mesin bodoh yang hanya bisa berguna apabila diisi suatu perintah. Begitu juga dengan internet of things tidak akan berarti apa-apa bila tidak ditanamkan ke dalam embedded system. Internet of things membutuhkan sensor, dan sensor itu sendiri merupakan embedded system. Apabila internet of things dan embedded system digabungkan, maka mesin bodoh dari embedded system akan diberi kepintaran internet of things sehingga dapat berinteraksi satu sama lain dan beroperasi secara independen.

Internet of things akan mengubah dunia embedded system. Internet of things memungkinkan mesin-mesin seperti embedded system bekerja tanpa ada yang mengawasi, dan memungkinkan mesin-mesin tersebut berinteraksi dan mengambil keputusan seperti layaknya manusia. Dengan adanya sistem dengan mesin seperti demikian, kita akan memperoleh banyak keuntungan seperti keamanan yang terjamin, pemantauan jarak jauh, keuntungan yang maksimal 21 karena mesin tidak pernah lelah dan selalu aktif, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya yang bisa kita dapatkan.

Oleh karena internet of things dalam embedded system sangat menguntungkan, perlu ada orang yang mengembangkan internet of things supaya bisa menjadi seperti yang dicita-citakan oleh para peneliti internet of things sebelum kita.

Sumber:


1 komentar:

  1. mr pedro baru-baru ini membantu kami dengan pinjaman yang kami gunakan untuk mengembangkan bisnis kami. prosesnya luar biasa! dia sering menghubungi kami untuk check-in dan memberi tahu kami tentang apa yang terjadi selama pembayaran pinjaman kami. dia ramah dan mudah didekati dan selalu bisa menjernihkan pertanyaan yang kami miliki. kami memiliki pengalaman yang luar biasa bekerja dengan pedro!! hubungi petugas pinjaman email pedro: pedroloanss@gmail.com whatsapp: +18632310632

    BalasHapus